Ulama Yang Memiliki Jasa Besar Bagi Islam DI Indonesia

Presiden pertama kita yakni Ir. Soekarno pernah memeberikan pesan yang berisi Jasmerah, yang jangan sekali-kali melupakan sejarah. Hal ini dikarenakan negara Indonesia bsia sebesar ini berkat adanya hasil jerih payah dari para perjuangan para pahlawannya. Dari banyaknya pahlawan yang dilahirkan oleh bangsa Indonesia ini, ternyata ada beberapa ulama yang ikut turut berjuang didalamnya. Diantaranya ialah K.H. Ahmad Dahlan dn juga K.H. Hasyim Asy’ari yang sudah sangat terkenal dalam pembaruan islam yang lebih baik lagi.

Namun, yang sangat disayangkan ialah peranan besar dari ulama ini tidak banyak diekspos secara luas sehingga nama yang mereka miliki tidak begitu bergaung pada generasi muda bangsa. Untuk itu, kita akan bahas ulama-ulama tersebut yang memang memiliki jasa besar dalam pembangunan bangsa yang ada di Indonesia.

Siapa Saja Mereka ?

#1 Bernama H.O.S Cokroaminoto

Bernama asli Hadji Oemar Said Tjokroaminoto ini dikenal dengan “Guru Para Bapak Bangsa”. Tercatat sudah Soekarno, Muso, Alimin, Samaoen, Tan Malaka serta Kartosuwiryo pernah berguru kepada dirinya. Bisa dibilang, mereka semau ini adalah karya besar dari H.O.S Cokroaminoto. Dengan dimulai dari Soekarno yang memiliki paham nasionalis hingga Kartosuwiryo yang memiliki paham Islamis.

Cokroaminoto ini juga dikenal dalam dunia perkembangannya sebagai ketua untuk pertama kalinya pada Sarekat Islam atau “SI”. Dimana SI ini berkembang pesat untuk semua lapisan masyarakat tanpa adanya pembedaan strata. Banyak juga pedagang muslim dan juga pejuang Indonesia yang tergabung didalam SI. Dengan hasil pada masa itu Belanda emosi akibat telah berdirinya Organisasi ini. oleh Belanda sendiri, Cokroaminoto mendapatkan julukan “Raja Tanpa Mahkota”.

#2 Bernama Buya Hamka

Sudah tidak akan asing lagi untuk nama tokoh yang satu ini. bernamankan Haji Abdul Malik Karim Amrullah ini merupakan seorang ulama , sastrawan, sejarawan serta politikus yang berasal dari daerah Maninjau, yakni Sumatera Barat. Buya Hamka sendiri banyak melaksanakan kegiatannya di Muhammadiyah, SI, Partai Masyumi dan juga MUI. Puncaknya sendiri saat dirinya menjadi ketua dari MUI perama kalinya ketika organisasi ini didirikan tahun 1975 silam.

Buya Sendiri mewariskan buku dengan tema Agama Islam dan juga sastra sebagai salah satu hasil buah tangannya.  Hingga kini, buku-buku tersebut masih dinikmati oleh generasi penerus terutama dengan karyanya yang monumental yakni ; Di Bawah Lindungan Ka’bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wick hingga Tafsir Al-Azhar.

#3 Bernama M. Natsir

Dirinya merupakan seorang ulama dan juga politikus yang berasal dari daerah Solok, yakni Sumatera Barat. Dirinya banyak sekali di Ingat ketika bergelut di Konstituante dan juga menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia. M.Natsir sampai saat ini dikenang hingga sampai saat ini karena adanya Mosi Integral yang dikeluarkan tahun 1949.

Saat itu NKRI sedang mengalami perpecahan akibat adanya perubahan menjadi RIS. Dimana wilayah Indonesia ini terpecah menjadi beberapa negara bagian dan justru memperburuk keadaan tersebut. akhirnya dengan adanya mimbar Konstituante yang memberikan ruang bagi M.Natsir untuk mengeluarkan Mosinya  dalam pengupayaan pengembalian NKRI dengan seutuhnya.

#4 Bernama K.H. Wachid Hasyim

Adalah menteri agama RI untuk pertama kalinya pasca Indonesia merdeka. Selama masa jabatannya ini, dirinya banyak sekali membantu terhadap perkembangan pelajaran Agama Islam dilingkungan sekolahan yang ada. Dirinya merupakan peletak dasar pertama yang menginstruksikan pemberian pelajaran umum yang ada di madrasah dan juga pemberian pelajaran agama islam di sekolah umum maupun sekolah swasta.

Semenjak hal itu terjadi, pesantren semakin terbuka dengan memberikan ruang bagi hadirnya pendidikan umum seperti pesantren Tebuireng, Jombang. Yang menjadikan pesantren ini pertama kali membuka jenjang pendidikn setingkat SMP dan juga SMA. Upaya yang dilakukannya pun menghasilkan perguruan tinggi agama islam atau PTAIN, yang saat ini berkembang menjadi Institut agama islam negeri yakni IAIN. Dan hingga kina berubag menjadi universitas islam negeri atau UIN.

Itu tadi sedikit tokoh islam yang mempengaruhi perkembangan ajaran islam yang ada di Indonesia. Dengan jasa-jasanya yang besar ini, menghasilkan Islam menjadi lebih terpandang lagi tak hanya di Indonesia namun pembelajarannya juga sampai ke seluruh dunia yang ada.

Inilah Pejuang Islam Di Negara Indonesia

Assalamualaikum semuanya, balik lagi nih sama admin terkece. Disini admin akan beritahu lagi kekalian beberpaa tokoh islam yang bisa dikatakan memiliki jasa yang besar dalam menjaga serta memperbarui islam yang ada di Indonesia ini. Dimana tokoh ini memang sangaat membantu dalam memperbarui islam di Indonesia dengan mereka mendirikan suatu organisai islam sebagai salah satu sarana perubahan dalam bidang kehidupan di Indonesia.

Berikut ini, adalah tokoh-tokoh islam yang berjasa sekali bagi perubahan islam yang lebih baik di Indonesia.

#1 Tokoh : K.H. Ahmad Dahlan

Jika kalian mengenal tokoh yangs atu ini, berarti aklian kenal dengan nama organisasi Muhammadiyah. Dimana organisasi islam ini dikatakan sangat penting di indonesia dan meamng didirikan langsung oleh Ahmad Dahlan tanggal 18 November 1912 silam. Tujuannya sendiri memang untuk menyebarkan pengajaran dari Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Selain itu, organisasi ini pun juga bergerak dibidang kemasyarakatan, kesehatan serta pendidikan daripada politik. Berasal dari Kauman, Yogyakarta. Organisasi ini kemudian meluas kedaerah lainya hingga ke luar jawa.

K.H. Ahmad Dahlan ini sendiri lahir di Kauman , Yogyakarta 1 Agustus 1868 dengan nama sebutannya adalah Darwis dan memiliki ayah bernama K.H. Abubakar yang merupakan seorang Khatib masjid besar yang ada di Kesultanan Yogyakarta. Sejak usia 15 tahun ketika berada di Mekkah, dirinya mulai berinteraksi dan juga tersentuh dengan adanya pemikiran pada pembaharuan Islam. Sejak saat itulah dirinya merasa bahwa islam perlu memiliki pembaharuan yang ada di kampung halamannya sana yang masih berbaur pada Sinkretisme dan juga Formalisme. Dengan awal mula dirinya merubah arah kiblat yang sesungguhnya hingga Robert W Hefner, Indonesianis Amerika ini menyatakan bahwa Dahlan merupakan sosok pembaharu Islam yang luar biasa di Indonesia.

#2 Tokoh : Ahmad Surkati

Tahun 1875 menjadi tahun lahirnya yang berada di Pulau Arqu ini sempat mengenyam pendidikan di Al-Azhar mesir sana. Kemudian dirinya datang ke Indonesia tepatnya ke Jawa di tahun 1911 bulan Maret. Ini bermula ketika ada yang yang meminta dari Jami’at Khair yakni organisasi yang didirikan oleh warga keturunan Arab yang ada di Jakarta untuk sekedar mengajar. Merasa tidak adanya kecocokan, maka dirinya pun keluar dan membangun sebuah madrasah yang bernama Al-Irsyad Al-Islamiyah di Jakarta 6 September 1914 silam. Tanggal ini menjadi tanggal berdirinya himpunan Al-Irsyad. Tujuannya sendiri untuk memurnikan islam dan juga bergerak dalam bdiang pendidikan dan juga kemasyarakatan.

Sejarawan asal Belanda G.F. Pijper dalam beberapa studinya yang membicarakan Islam memandang Il Irsyad ini benar-benar sebagai suatu gerakan pembaharuan yang memiliki kesamaan dengan gerak reformis yang ada di Mesir sebagaimana telah dilakukan oleh Muhammad Abduh dan Rashid Ridha.

#3 Tokoh  : Ahmad Hasan

Nama kecilnya adalah Hassan bin Ahmad yang lahir di Singapura tahun 1887 dengan keluarga campura Indonesia & India. Dari dirinya remaja, ia sudah bekerja mulai dari Buruh sampai ke penulis di Singapura maupun di Indonesia. Saat dirinya tinggal di Bandung, Ia bertemu dengan Mohammad Natsir yang dimana bersama untuk menerbitkan majalah pembela Islam dan Al Lisan. Dirinya juga mendirikan pesantren Persis yanga da di samping pesantren Putri untuk membentuk kader yang kemudian dipindahkan ke Bangli Jawa Timur.

Persis sendiri dibangun di Bandung 12 September 1923 yang dipimpin langsung oleh H. Zamzam dan H. Muhammad Yunus yang keduanya ini merupakan pedagang. Ahmad Hasan sendiri dikenal sebagai ulama pembaharu dengan memiliki pemikiran yang tajam dan juga kritis di dalam cara memahami Nah atau teks Al Qur’an maupun Hadits. Dalam hal inilah dirinya juga dirujukan sebagai pemerhati kajian islam.

#4 Tokoh : K.H. Hasyim Asy’ari

Lahir tanggal 14 Februari 1871, di Ngegedang Jombang, Jawa Timur merupakan pendiri dari Nahdlatul Ulama yang memiliki arti kebangkitan ulama. Dimana ini merupakan organisasi Islam terbesar yang ada di Indonesia. Dirinya mendirikan organisasi ini bersama Kyai Wahab Chasbullah tanggal 31 Januari 1926. Hasyim ini sendiri pernah belajar pada Syaikh Mahfudz yang berasal dari Termas , yakni ulama Indonesia yang menjadi pakar Ilmu hadis pertama di Mekkah. Ilmu inilah yang kemudian menjadi spesialis pesantren Tebuireng yang kelak didirikannya di Jombang sepulang dari Tanah Suci.

Lewat dari pesantren inilah K.H. Hasyim Asy’ari melancarkan mengenai pembaharuan Islam dengan sistem pendidikan keagamaan islam tradisional dengan memperkenalkan pengetahuan umum dalam kurikulum pesantrennya sejak tahun 1926 silam dengan adanya penambahan bahasa Belanda dan juga sejarah Indonesia.

Berkenalan Dengan Tokoh Islam Di Dunia (2)

Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan tokoh Islam yang sudah ada sejak zaman kekhalifahan. Saat ini, kita sudah masuk kedalam tokoh Islam yang masuk era Moden, Liberal bahkan ada juga toikoh wanita Islam yang patut kalian ketahui. Langsung saja bisa kalian lihat tokoh-tokoh Islam yang membawa pengaruh besar bagi kemajuan Islam itu sendiri.

Tokoh Islam Era Modern

Pada masa Modern ini, ada juga beberapa tokoh Islam yang sudah melakukan pembaharuan. Dan berikut ini adalah nama-nama tokoh Islam pada era Modern.

#1 Muhammad Abdul Wahab

Untuk tokoh Islam yang mengalami pembaharuan yang pertama adalah Muhammad Abdul Wahab. Dimana Ia berasal dari Makkah dengan berbagai macam ajarannya pada Islam.

#2 Jamaluddin Al-Afghani

Gagasan mengenai mampunya untuk mengilhami kaum muslimin di wilayah Iran, Turki, dan juga India merupakan hasil dari sumbangan atau bantuan penting pada era modern oleh Jamaluddin Al-Afghani.

#3 Muhammad Abduh

Beliau ini merupakan sosok guru dari seorang pembaharu Muslim yang memiliki nama “Rasyid Ridha”. Di dalam perjalanan untuk pembaharusn Islam ini, mereka sempat berkunjung ke wilayah Eropa yang ada di dunia ini. mereka pun terkesan dengan perjalanannya itu sambil emmbawa pengaruh baik dalam dunia Islam.

#4 Toha Husein

Tokoh ini merupakan salah satu tokoh Islam di era modern yang sangat amat mendukung gagasan dari seseorang yang memiliki nama “ Muhammad Ali Pasha”. Dimana dalam hal ini gagasannya berkaitan dengan Modernisme dan Beliau juga sangat gigih di dalam gagasannya itu.

Tokoh Islam Wanita Dalam Sejarah Islam

Dengan terbuktinya ini, laki-laki bukan merupakan orang yang hebat dalam sejarah Islam. Pasalnya, wanita pun juga bisa memperjuangkan Islam di mata dunia ini. jika kalian lupa, dan belum mengetahui wanita tersebut, maka kalian bisa cek artikelnya di bawah ini.

#1 Khadijah Binti Khuwaylid

Dimana Ia merupakan istri pertama dari Rasulullah yang termasuk dalam wanita hebat di berbagai kemampuannya itu. Khdijah ini merupakan pedagang yang sukses serta sangat setia mendampingi serta melindungi sang Rasul.

#2 Aisha Binti Abu Bakar

Selanjutnya ini Beliau masih merupakan Istri dari Rasulullah. Dimana Aisha ini memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Sehingga, Ia merupakan salah seorang perawi hadits yang terkenal pada zaman nabi dulu.

#3 Rabi’ah Al-Adawiyah

Rabi’ah ini merupakan seorang budak yang telah bebas pada masanya. Biar begitu, Beliau ini memiliki keahlian mistik yang sangat tinggi. Dan beliau juga merupakan Sufi yang cerita tentangnya sudah tersohor kemana-mana.

Tokoh Islam Pada Masa Liberal

Tokoh yang ada pada masa ini memang bsia dikatakan banyak sekali. Namun, disini kita akan berikan sekilas 3 tokoh Liberal saja , yang wajib kalian ketahui juga ya sobat.

#1 Ali Abd Razzaq

Ali ini bagi sebagian orang muslim yang mengenalinya merupakan orang yang tidak akan jauh berbeda dari Mustafa Kemal At-Taturk. Bahkan mereka menganggap dia ini lebih buruk daripada sebelumnya. Ia juga telah menerbitkan buku-buku yang dimana Ia selalu mendukung setiap tindakan yang dilakukan oleh Mustafa Kemal.

#2 Muhammad Arkoun

Arkoun ini sendiri merupakan salah satu tokoh yang berasal dan lahir di negara Afrika, lebih tepatnya lagi di wilayah Aljazair. Muhammad Arkoun ini setelah menjalani sebuah proses pendidikannya, dan telah mencapai pada kesuksesannya hingga sudah banyak diundang di berbagai universitas di Perancis, yang membuat dirinya dikenal sebagai tokoh Islam pada masa Liberal ini.

#3 Fazlur Rohman

Dan tokoh ketiga atau tokoh terakhir ini adalah Fazlur Rohman. Dimana dengan melihat namanya ataupun mendengar namanya bahakan menulis namanya ini, sebagian orang sudah pasti mengenalinya pad dunia pendidikan Islam. Karya karyanya yang dia kelaurkan bersangkutan pada Qurdist atau “ Al-Qur’an dan Hadist”. Dan dalam hal ini, ia juga sangat di gemari atau sangat diminati dalam dunia Akademik.

Mulai dari tokoh bersejarah dalam memperjuangkan Islam, masuk kedalam tokoh Islam pada era Modern, kemudian adanya tokoh Islam wanita serta terdapatnya tokoh Islam liberal ini akan menjadi penutup dalam artikel kita yang satu ini. dengan kita tahu akan tokoh-tokoh Islam tersebut, kita juga harus berterima kasih sebab tokoh inilah yang telah megembangkan Islam menuju ke peradaban Islam yang lebih baik lagi.

Berkenalan Dengan Tokoh Islam Di Dunia (1)

Halo sobat, admin balik lagi nih. Disini admin masih memberikan beberapa tokoh Islam yang sangat berpengaruh bagi mkemajuan itu sendiri. Dari zaman dulu hingga zaman modern , para pejuang Islam ini masih ada dan akan selalu di keanng dalam sepanjang perjalanan yang ada. Islam merupakan agama yang sudah lama terlahir di dunia ini. Dengan begitu sudah bsia dikatakan bahwa tokoh-tokoh islam ini banyak tercatat di dalam sejarah yang ada. Dalam hal ini, tokoh pejuang Islam tidak hanya pria ya sobat , namun ada juga wanita yang ikut berperan adil dalam memajukan Islam ini.

Ingin tahu siapalagi sih tokoh pejuang islam yang ada di dunia ini ? mari kita bahas semuanya dalam artikel ini.

Tokoh Islam Sepanjang Sejarah

Dalam pelajaran , kita sudah pasti mendapatkan pembelajaran mengenai tokoh Islam yang sudah ada sejak zaman ke khalifahan. Dimana tokoh ini merupakan suri tauladan yang patut untuk kita contoh dan juga patut kita berikan kepada generasi muda lainnya. dalam hal ini, kita akan berikan lagi sekilas tokoh Islam yang bisa dijadikan sebagai suri tauladan bagi kehidupan sehari-hari dan juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

#1 Khulafaur Rasyidin

Ada banyak sekali tokoh islam yang sebenarnya bisa kalian jadikan seorang yang suri tauladana. Dimana tokoh ini mendapat gelar diantaranya ke khalifahan pada zaman dahulu. Sepanjang sejarah Islam tokoh yang paling terkenal dan paling memiliki peran yang sering sekali kita mendapatkan pelajaran mengenai dirinya itu adalah “ Khulafaur Rasyidin”. Khalifah ini tidak hanya teladan dalam bidang keagamaan saja serta kepemimpinannya pada masa kekhalifahannya. Namun, Khulafaur Rasyidin juga sangat dekat serta sangat mencintai Rasullillah SAW.

#2 Tokoh Dibidang Keilmuan

Selanjutnya, setelah kepemimpinan Khulafaur Rasyidin tepat pada masa Daulah Bani Abbasiyah. Banyak sekali sudah dalam sejarah Islam sudah ada bahwa kala itu banyak sekali penemuan-penemuan dalam bidang keIlmuan. Bahakan salah satu diantaranya yaitu Islam di Timur pernah menjadi salah satu kiblat pengetahuan dunia sehingga, tokohnya pun bisa disebut sebagai tokoh Islam di dunia.

Selain itu, tokoh yang meamng sudah terkenal lainnya dan banbyak sudah kalian ketahui dari beberapa pelajaran mengenai sejarah Islam disekolah, “Ibn Sina” sendiri ada pada bidang Kedokteran, Filsafat, serta Alkhawarizmi. Selain itu, terciptanya pembelajaran Matematika dengan Teori Al-Jabar merupakan, hasil dari kepintaran Ibn Sina ini.

Ada juga yang ahli dalam ilmu Fisika yaitu “ Jabir Bin Hayyan”. Seorang Filsuf bernama “ Al-Kindi” serta masih banyak lagi lainnya.

#3 Pemimpin Islam Merupakan Tokoh Bersejarah

Abu Ja’far Al-Mansyur merupakan pendiri dari Daulah Bani Abbasiyah. Selain itu ada juga seorang pahlawan Islam yang mempunyai nama “Nuruddin Zanki” diaman dalam hal ini Ia berhasil untuk mengusir tentara salib dari palestina pada masanya itu. Setelahnya baru muncul sosok “Solahuddin Al-Ayubi”, dimana dirinya itu terkenal sebagai pembebas yerussalem dan berhasil menjadi panglima yang hebat dengan memiliki ekspansi wilayah yang tinggi. Yang merupakan salah satu anak didik dari Nurrudin Zanki selaku seniornya pada masa itu.

Tokoh Islam Di Wilayah Nusantara

Islam sendiri sudah menyebar di indonesia sejak berabad-abad lamanya. Dimana agama Islam masih menjadi agama terbesar yang ada didunia ini. sudah bisa dipastikan bahwa ada beberapa tokoh Islam di nusantara yang membawa Islam menjadi salah satu agama yang terpandang dan juga terbesar di wilayah Nusantara Ini. jika kalian ketahui, tokoh Islam nusantara yang akan kita beritahukan adalah para “ Walisongo”.

Dimana para wali ini terdiri atas kumpulan yang diisi oleh 9 wali yang dimana mereka menyebarkan ajaran Islam untuk pertama kalinya di Pulau Jawa. Dan, para wali inilah yang sudah membantu Raden Patah untuk merebut tanah Majapahit hingga berdirilah kesultanan Demak.

Selain daripada Walisongo, pasti masih banyak lagi Tokoh Islam nusantara yang bisa kalian ketahui walau hanya sekilas saja. Misalnya saja kita ambil contoh mengenai tokoh islam yang berpengaruh dalam beberapa bidang yang ada.

Tidak ketinggalan juga “Qurasih Shihab”, yang dimana ia berhasil untuk menerbitkan Tafsiran Mishbah dan juga memudahkan Umat Islam di indonesia untuk mempelajari Ilmu Tafsir serta ada juga Hamka sebagai Musafir kala itu.

Kenali Para Pejuang Islam Di Era Modern (2)

Sebelum kalian membaca artikel ini, kalian harus masuk terlebih dahulu kedalam part 1 nya yang ada di artikel sebelumnya. Dimana disana sudah terdapat 6 tokoh muslim yang memperjuangkan islam di mata dunia. Mungkin dari ke 6 tokoh tersebut salah satu diantara mereka sudah kalian ketahui sebelumnya dan sudah tahu pula tentang apa saja yang membuat tokoh tersebut terkenal sebagai para pejuang islam di era modern ini.

Pada artikel ini, kita masih membahas hal yang sama mengenai tokoh muslim yang memiliki peranan penting bagi perjuangan islam di mata dunia. Setidaknya dengan begini kalian jadi tahu, bahwa tokoh muslim mana yang memilih berjuang untuk agamanya dan juga berjuang untuk negaranya tersebut. hal inilah yang membuat kita harus berterima kasih kepada tokoh-tokoh tersebut. berkat merekalah Islam bisa berkembang dengan baik di beberapa belahan dunia yang ada.

Berikut ini adalah nama tokoh muslim lanjutan dari part ke 1 yang sebelumnya sudah ada di artikel sebelum ini yah. Yuk cek langsung saja.

Tokoh Muslim Yang Memperjuangakan Islam Di Era Modern

Masih ada beebrapa tokoh muslim yang wajib kalian ketahui lagi nih. Yuk, cek langsung lagi aja yah.

#7 Bernama : Recep Tayyip Erdogan

Sebenarnya untuk yang satu ini banyak sekali mendulang suatu kritikan lantaran manuver dari politiknya pasca dikudeta tahun 2006 lalu. Walau seperti itu Erdogan yang sering dikenal ini tetap dipandang sebagai salah satu tokoh muslim yang sangat berpengaruh di dunia. Keberhasilan dari Erdogan ini sendiri membawa Turki menjadi salah satu negara muslim paling makmur. Selain daripada itu, Erdogan sendiri berhasil untuk ikut menghadang geliat Islamic State di wilayah Suriah dan juga Irak.

#8 Bernama : Sultan Qaboos bin Said Al-Said

Kurang lebih sudah 40 tahun berkuasa, Sultan Qaboos akhirnya berhasil untuk membawa Oman dari negeri miskin menjadi negeri yang mamkmur diantara negara lainnya di dunia ini. tanpa menyuarakan apapun atau tanpa menggembar gemborkan, ia juga sudah mendorong islam lebih moderat lagi kepada dunia. Ia juga berhasil untuk membangun budaya keislaman ats dasar perkawinan tradisi lama dengan asas modern. Maka dari itu, Oman sering dianggap sebagai Permatanya Dunia Islam.

#9 Bernama : Pangeran Muhammad bin Zayid Al-Nahyan

Ia merupakan salah satu pewaris dari tahta sbobet88 Abu Dhabi serta calon presiden di wilayah Uni Emirat Arab. Kecakapan ia sebagai seorang politisi sudah diakui dan memang sudah terbukti adanya. Sang pangeran juga dikenal sangat royal sekali mengenai dana sumbangan. Diman dalam beberapa catatan pangeran pernah menghabiskan kurang lebih 200jt US$ unbtuk memerangi polio serta bisnis gelap mengenai perdagangan manusia.

#10 Bernama : Joko Widodo

Dimana ia merupakan Presiden dari Republik Indonesia. Dimana dalam hal ini Jokowi sendiri dipandang berpengaruh terhadap dunia islam di dunia. Bisa dilihat dari gaya pemerintahannya yang agresif dalam mebangun perekonomian Indonesia serta kinerjanya yang dinilai bersih dari korupsi ini menjadikan ia sebaga salh satu tauladan bagi kaum muslim dimanapun mereka berada.

#11 Bernama : Syeikh Abdul Azis Al-Syeikh

Keluarga dari Al-Syeikh ini memang sudah sejak lama mengawal yang namanya penerapan syariah islam di wilayah Arab Saudi.mereka ini merupakan keturunan asli dari Muhammad Ibn Abdul Wahhab. Dimana merupakan pendiri dari ajaran Wahabisme dan juga Salafisme. Walau pandangan keagaman yang dimilikinya sangatlah konservatif, namun ia sudah berulang kali menyerukan Umat Muslim agar memerangi yang namanya ideologi terorisme yang dimana itu merupakan musuh besar dari islam.

#12 Bernama : Dr. Said Aqil Siradj

Bersama dengan NU atau Nahdlatul Ulama, ia merupakan benteng terakhir dari konsep islam nusantara yang mengedepankan namanya pluralisme serta perdamaian. Tidak hanya itu, dia juga menggagas program Intenasional untuk mengkampanyekan islam moderat ala NU di dunia ini. selain itu ia memang sudah sejak lama sekali aktif dalam urusan membela suatu kaum yang terpinggirkan serta menentang yang namanya diskriminasi terhadap para minoritas.

Dengan adanya tokoh-tokoh muslim ini di era modern, menjadikan islam lebih terpandang lagi dan juga bisa dilihat bahwa islam itu sebenanrya adalah agama yang besar sekali dalam menerima toleransi yang ad di dunia ini.

Kenali Para Pejuang Islam Di Era Modern (1)

Sejak dulu kita sudah mempelajari tentang sejarah dunia Islam. Dimana adanya masa kekhalifahan dan juga adanya dinasti-dinasti islam yang berkembang dengan pesat melalui beberapa tokoh yang berperan besar untuk memajukan agama Islam ini. pada dasarnya sekali tokoh ulama seperti Ustad dan Ustadzah serta Kiyailah yang sering diketahui oleh beberapa masyarakat diluaran sana sebagai salah satu pejuang islam di era modern ini. apalagi dibantu dengan beberapa acara TV bertajuk islamiah yang dipandu langsung dengan para ustad ternama yang ada di Indonesia ini sendiri.

Selain itu, banyak sudah penyebaran melalui youtube seperti yang dilakukan oleh Dr. Zakir Naik yang membuat islam lebih dikenal baik oleh orang-orang diluaran sana. Dengan bermodalkan beberapa pertanyaan dari berbagai kalangan non muslim pun, Dr. Zakir Naik bisa membuat Islam dikenal baik di luaran sana dengan semua fakta yang dikeluarkannya melalui kitab Al-Qur’an yang memang menjadi pedoman teguh atas berdirinya agama islam ini.

Namun, dizaman modern seperti ini pun ada juga beberapa tokoh muslim yang membuat islam semakin terpandang lagi dan semakin luas lagi keberadannya. Siapakah tokoh-tokoh tersebut ? berikut ini bisa langsung kalian cek di bawah ini.

Tokoh Muslim Yang Membawa Pengaruh Besar Di Dunia

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenal tokoh ini dan sebagian lagi belum mengenalnya sebagai pejuang islam di era modern. Siapa dia ? mari baca hingga tuntas.

#1. Bernama : Syeikh Ahmed Al-Tayyeb

Tokoh pertama ini pernah menjabat sebagai presiden dari Universita Al-Azhar,Kairo. Namun, sejak dirinya mundur dari jabatannya tersebut, Syeikh Ahmed Al-Tayyeb ini diangkat menjadi seorang Imam besar di Al-Azhar. Di dalam jabatannya ini, ia pun sudah banyak mengkampanyekan tentang perdamaian. Dan dalam kampanyenya tersebut pun ia mentakan bahwa harus selalu ingat pesan dari Nabi Muhammad tentang konsep Kasih Sayang dan juga Perdamaian Dunia. Menurut ia, jika ada yang bertindak sebaliknya, maka orang tersebut telah melakukan kesesatan pada islam.

#2 Bernama :  Raja Abdullah II bin Al-Hussein

Merupakan berasal dari Yordania dan mendapatkan gelar sebagai “Pelindung dari Yerusalem “. Dirinya tidak hanya berhasil untuk meniti dari dua badai Timur Tengah yaitu peperangan antara Palestina dan juga Suriah. Namun, dirinya juga menawarkan diri sebagai pelindung pluralisme dalam islam. Dirinya selalu mempunyai gagasan mengenai toleransi serta mengharamkan yang namanya kebiasaan buruk seperti saling mengkafirkan satu sama lain.

#3 Bernama : Raja Salman Ibn Abdul Aziz

Selanjutnya datang dari Arab Saudi. Dimana tokoh muslim bernama Raja Salman ini berpengaruh kuat terhadap jaringan dakwah salafisme di Arab Saudi ang memang sudah dikelola secara profesional dan sudah menyebar diseluruh dunia ini. dimana dirinya ini sendiri juga berpegang pada statusnya sebagai penjaga kota suci umat muslim yaitu Mekkah dan Madinah. Maka dari itu, Raja Salman masuk dalam kategori tokoh muslim yang berpengaruh sekali tehadap islam di mata dunia.

 

#4 Bernama : Ayatollah Ali Khamenei

Dimana kurang lebih 28 tahun sudah ia memimpin Iran dibawah sistem dari wilayah Faqih. Dengan adanya ia, Iran bisa menjadi semakin kuat dan bisa menyeimbangi di Timur Tengah yang sudah didominasi pada Poros Arab Saudi, Israel, dan juga Amerika Serikat. Dan di tahun 2010 lah Khamenei ini mengeluarkan sebuah fatwa mengenai haramnya kaum syiah yang menghina atribut dari keagamaan sunni.

#5 Bernama : Raja Muhammad VI

Untuk tokoh muslim ini kita bisa belajar bahwasannya sistem monarki ini tidak harus bernafaskan pad otoriter. Di tahun 2011 silam, ia pun membuat suatu gagasan referendum konstitusi yang dimana isinya membatasi kewewenangan sendiri sebagai salah satu raja. Pengaruhnya untuk orang muslim ini ia tanamkan di salah satu Universitas Al-Karouine yang sebagian besar pengikutnya ini adalah Madzhab Al-Maliki di wilayah Afrika Utara.

 

#6 Bernama Ayatollah Ali Sistani

Ali Sistani sendiri di wilayah Irak sudah dianggap sebagai salah satu otoritas agama tertinggi bagi 21jt pengikut syiah disana. Sikap yang ia miliki merupakan sikap dalam menolak konsep Wilayatul Faqih ini menjadikan dirinya sebagai penyeimbang kekuatan terhadap Ayatollah Khamenei di wilayah Iran.